Jabatan vs Gelar

Sadarkan bahwa banyak orang di luar sana yang mendapatkan jabatan tanpa memiliki gelar yang setara. Banyak pula yang memiliki gelar yang tinggi tapi sayangnya tidak mendapatkan jabatan yang sepantas.

Sebagai pendahuluan mari kita membahas suatu buku. Pastilah sudah banyak pengalaman-pengalaman yang kita baca dari buku mengenai “ingin kaya, ga perlu sekolah”, buku seperti itu memang sengaja menceritakan pengalaman si penulis karena memang banyak yang orang yang tidak sanggup untuk bersekolah, bukan secara mental atau kemampuan otak tapi masalah materi. Si penulis ingin membuktikan bahwa tanpa bersekolah dia bisa mendapatkan jabatan tinggi, yah buku itu mengarahkan kita bahwa dengan kita menggunakan otak berjalan kita, kita bisa mencapai hal yang kita inginkan…menggunakan otak sebaik-baiknya dalam menghadapi permasalahan hidup. KEBERUNTUNGAN. Itulah kata yang tepat’

Lalu mari beranjak ke masalah nyata yang saya temui. Sadarkah lumayan banyak Proffesor di Indonesia? ya masalahnya begini, untuk mencapai tahap proffesor, bukannya harus melewati gelar insinyur lalu master lalu doktor, baru bisa mencapai suatu gelar proffesor. Nah di Indonesia sekarang ini, berita angin yang saya dengar adalah banyak proffesor yang baru mencapai insinyur atau master saja..( istilahnya : melangkahi tahap )..dan itu semua demi apa? apalagi kalau bukan demi jabatan.

Mulai tahun ini, 2009, pengecekan gelar proffesor menjadi pusat perhatian oknum yang berwenang. Indonesia di tahun ini telah mencanangkan “tidak boleh mendapat gelar proffesor sebelum S3”, jadilah gencar para proffesor yang belum menyelesaikan S2 dan S3-nya.

Bisakah jabatan diberikan berdasarkan jasa? bukan gelar? ahh banyak yang seperti ini, orang yang tak bersekolahpun apabila dia memiliki andil dalam merintis suatu perusahaan bisa saja diberikan posisi penting kepadanya. So what’s the most important?

3 thoughts on “Jabatan vs Gelar

  1. Mus says:

    Assalamu ‘alaikum WR, WB
    Alhamdulillah! Kita semua masih bisa bertemu Ramadhan 1430 H Tahun ini, Selamat menunaikan ibadah puasa, semoga kita semua diberi kekuatan dan kemudahan dalam menjalankan segala perintahNnya, Amiin.
    Sahabat! 2 minggu lagi sebuah kontes seo RZSV yang saya ikuti akan berahir. Ada mimpi untuk memiliki sebuah komputer dengan berharap bisa memenangkan kontest tersebut. Saya tahu kontes ini berseberangan dengan idealisme blogger yang seharusnya, namun niatan tulus hanya untuk belajar seo. Jika berkenan sudilah kiranya menempatkan nama Rusli Zainal Sang Visioner di bagian sidebar atau blogroll blog sahabat, dengan link ke blog utama bukan pada Artikel. Seditaknya sampai kontes seo ini berahir, yaitu sampai 12 september saja,Setelah kontes berakhir, sahabat bisa menghapusnya. Bantulah saya mewujudkan impian saya, bantuan backlink dari sahabat sangatlah berarti bagi saya. tiada yang bisa saya berikan sebagai balasan atas bantuan dari sahabat kecuali ungkapan terima kasih yang sebesar-besarnya serta link back sebagaimana tradisi bertukar link.
    Wassalamu ‘alaikum WR. WB

  2. Thanx veryy good text.

  3. Thanks for comment ^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: