Apakah Pak Bambang sukses?

1.”Gimana soal fisikanya tadi?”

“Wah, bisa dah dapet 100, jawaban yang dikasih kemaren sama persis dah..”

2. Di Medan terbukti sekolah-sekolah menengah atas mendapatkan bocoran UAN

3. “Wah dapat bocoran mah udah biasa kali li, mba dari ujian akhir di SD, SMP, SMA selalu dapat bocoran, klo ga gitu satu sekolahan bakal ga lulus tuh li..”

di atas adalah beberapa kenyataan yang selama ini saya anggap tak pernah terjadi.

Topik ini bisa dibilang basi karena UAN telah lama lewat. Tanpa saya sadari, dengan penuh keseriusan menghadapi UAN, ternyata banyak isu-isu yang masuk telinga saya masalah bocoran jawaban UAN. awalnya saya percaya itu hanya isu, tapi lama kelamaan, dengan bukti siswa yang mengaku dan bukti dari berita, akhirnya saya harus menyadari bahwa itu realita. sungguh saya sangat kecewa. Selama ini saya sangat percaya bahwa UAN adalah ujian yang murni bersih. lebih menyesakkan lagi sebagian orang bercerita pegelaman uannya kepada saya dan jelas-jelas mengungkapkan kalau dia selalu mendapat bocoran di setiap ujian akhirnya. PARAH. AKU KAGET.

Apa ini yang dibilang pendidikan Indonesia berkembang? apa selama ini hanya iming-iming saja bahwa pendidikan Indonesia sedang dikembangkan…

Saya sempat ngadu ke kepsek sekolah saya, kenapa UAN bisa securang ini, saya bukannya IRI, saya juga tidak merasa dirugikan, entah mengapa saya merasa sedih dengan kondisi bangsa yang seperti ini. Kalau bocoran di ujian sekolah biasa, masih bisa dikompromi, nah ini UJIAN AKHIR NASIONAL yang menjadi ukuran standar. MASA MASIH ADA KECURANGAN JUGA.

ada kabar angin kalau mulai tahun depan UAN bukan hanya standar baku kelulusan siswa, malah juga akan menjadi standar baku penerimaan di universitas. Kalau begitu otomatis tingkat kesulitan soal2 UAN akan meningkat bukan? dan angka kelulusan siswa bisa menurun drastis. Berharap saja pelajar Indonesia mampu memajukan dunia Indonesia. amin.

2 thoughts on “Apakah Pak Bambang sukses?

  1. 23ob says:

    woowww.
    terima kasih..anda adalah orang yang peduli sama bangsa dan masa depan….salam

  2. L4uDz says:

    ayo semangat Li!!
    jadi saingannya Lenny donk, dia kan mau jadi Mendiknas..😀

Leave a Reply

