Welcome to Yogyakarta ….(Liburan part 3)

       Hari ini tanggal 8 Juni 2008 bertepatan dengan tanggal keberangkatanku yang tertera pada tiket kereta api tujuan Yogyakarta. Jam 3.15 am aku dan rombonganku melepaskan kaki dari Kharisma Bangsa menuju stasiun Senen. Hanya membutuhkan waktu kira-kira 45 menit untuk sampai ke stasiun ini. “wah kepagian nih berangkatnya” sapa temenku ketika kita sudah berada di dalam stasiun pada pukul 04.00 am lewat…

Yah begitulah mungkin saking semangatnya ingin mengunjungi Yogya. Setelah tidur secukupnya dan setelah itu sholat kita memasuki kereta api yang akan berangkat pukul 06.20 am…

            Namanya juga kereta bisnis, jadi ketenangan tidur tidak bisa dijamin..setiap kali berhenti di stasiun selalu ada penjual naik turun..dan mereka tidak bosannya menawari kami makanan ini itu…kini aku melihat dengan mata kepala sendiri bukan sekedar cerita dari orang lain bahwa demi menafkahi keluarga maupun diri sendiri untuk bertahan, pekerjaan apapun akan dilakukan..setelah aku tertidur melihat banyaknya pedagang berjalan mondar-mandir, kini aku melihat ada anak-anak yang menyapu lantai kereta api ini yang telah kita kotori dengan sisa makanan..setelah itu dia minta uang dan temankulah yang sigap memberiya..’awalnya ketika aku memperhatikan gerak-geriknya, aku mengira bahwa dia adalah pekerja di kereta api ini’..setelah itu anak demi anak berlanjut memiliki profesi seperti ini, aku kaget aku kira hanya satu..sampai kesekian kalinya aku mempelajari prinsip temanku bahwa kalau ga ada uang kecil jangan di kasih..jreeeengg..ada juga yang sangat pemaksaan, ketika itu dia telah selesai menyapu lalu menjulurkan tangannya, kita diam semua karena tidak memiliki uang kecil..TAPI DIA MAKSA..”untuk makan ini mba..tolong”, dia bilang gitu..aku takuttt..aku sambil diliatin temen2 nyari uang kecill..yang ketemu seribu rupiah, langsung aja kukasih untuk menormalkan detak jantungku…setelah itu temenku yang namanya Iib ngasih aku uang kecil sebagai cadangan..hehehe..

            Beberapa ada juga pengemis lewat, karena merasa iba kami hanya sepakat untuk tidur..bukan karena kami tidak mempunyai uang..bukan karena kami tidak mau ngasih..bukan karena kami pelit…we have no choice…berpura-pura tidur adalah jalan paling tepat.. ”Ya Allah ampunilah kami dan berikan kami pilihan…”

            “wo-oh kamu ketahuan…pacaran lagi…dengan dirinya…teman baikku…wer ewer ewer ewer ewer…wer ewer ewer ewer ewer …” dari kejauhan ada banci yang akan datang ..”tiiduuuurrr..”. kenapa kita tidur??, selain alasan di atas dan juga untuk menahan tawa.’dari pada nanti kita tertawa trus bancinya marah…wah cari masalah nih..’kami sangat menghargai pengamen yang bener-bener pengamen yang nyanyi..ga asal sebut, nah prinsipku kalau si pengamen nyanyinya bagus baru aku akan ngasih…kalau pengamen yang satu ini, dia kebanyakan nyanyi “wer ewer ewer ewer ewer …wer ewer ewer ewer ewer..” ga jelas hanya asal sebut…biarpun pengamen harus profesional juga dong supaya banyak yang kagum…ada yang ga setuju??

            Aku orangnya kagetan..apa yah istilah biologinya..aku sensitif dengan keadaan yang berubah…contohnya saja frekuensi suara kereta api yang sedikit-sedikit berubah…jantungku berdetak cepat lalu pada puncaknya kaget…selain itu setiap ada kereta lewat dengan arah berlawanan, aku kaget seperti orang yang baru mimpi buruk..ku pikir ini hal wajar bagi manusia..tapi hanya aku yang selalu kagetnya bukan maen…dan tidak hanya di kereta, di manapun dan dalam kondisi apapun bahkan ketika tidurpun terkaget tengah malam dan bangun dengan mata melek (inilah yang biasa membangunkanku untuk sholat tahajud )…ini salah satu kelemahanku…sampai-sampai ada adik kelasku yang ngerjain aku dengan ngaget-ngagetin aku baik sengaja maupun tidak sengaja..

            Alhamdulillah sampai juga di D.I. Yogyakarta, ini untuk pertama kalinya aku naik kereta dan menginjak Yogya…tepatnya jam 3 kami keluar dari stasiun. Kamipun berpisah sesuai rumah teman yang akan kami tinggali…how about tommorow?..let’s start this wonderful holiday…

Leave a Reply

