‘WAKTU’

NEWTON mengemukakan dengan teorinya dalam fisika : waktu itu selalu berjalan dengan kecepatan tetap, tak perah melambat ataupun semakin cepat….”

Di sisi lain..

EINSTEIN di kenal dengan sang pelanggar aturan, dengan otaknya yang jenius dia bahkan melanggar peraturan fisika dan peraturan alam semesta termasuk yang dinyatakan dalam teori NEWTON di atas bahwa di bumi, waktu berjalan lebih lambat di permukaannya dibandingkan dengan di puncak sebuah pencakar langit dengan referensi yang saya baca : EINSTEIN dalam pembuktiannya tentang ‘waktu itu dapat melambat maupun mencepat’ adalah…”ketika cahaya berjalan searah dengan berputarnya bumi (bisa di bilang arah rotasi bumi), pencatatan waktu bumi semakin cepat dengan aturan kecepatan cahaya selalu tetap, sedangkan ketika cahaya berjalan berlawanan arah dengan arah rotasi bumi, pencatatan waktu bumi semakin melambat.”

Referensi lain saya membaca : Einstein membuktikannya dengan artikel di bawah ini..:

Apa yang akan terjadi bila sebuah bola jatuh ke tanah?, kita bahkan dapat melihatnya dengan pandangan realitas (maksudnya…memang bola jatuh selalu begitu!!), NEWTON mengatakan bahwa hal itu terjadi karena gaya gravitasi yang menariknya menyebabkannya di percepat ke bawah. EINSTEIN memiliki pendapat yang berbeda tentang hal ini, jam atom dan cahaya bergetar lebih pelan di dalam daerah dengan gravitasi yang kuat. Karena hubungan antara energi dan frekuensi, atom atom di permukaan bumi memiliki energi yang lebih kecil dari yang dimilikinya bila atom atom tersebut berada di ruang angkasa jauh dari sumber gravitasi. Sebuah bola yang terdiri dari atom atom akan memiliki energi yang lebih kecil ketika bola tersebut berada di puncak sebuah menara. Karena itu, masa diam bola itu akan berkurang bila bola tersebut berada di permukaan bumi, sesuai dengan persamaannya E = mc²”

Setelah membaca artikel tentang di atas aku lalu bertanya pada papa..”pa kenapa Newton ma Einstein saling bertolak belakang?”

Papa menjawab : “sebenarnya ga bertolak belakang malah saling mendukung, bedanya Newton itu berteori fisika sifat klasik (yang menerangkan secara umum akan sesuatu yang pasti dalam fisika), sedangkan Einstein itu berteori fisika sifat modern (menerangkan ilmu fisika secara mendetail bahkan sesuatu hal yang mustahil pun terpecahkan) ”

Sebenarnya bukan hal ini yang mo ku singgung hanya saja berpikir inilah teori tentang ‘waktu’ para ilmuwan terkenal..

Siang itu papa berpesan : jangan bermain main dengan waktu (jangan menyia-nyiakan waktu). Waktu itu selalu berjalan maju, mustahil kalau kita berharap waktu bisa mundur. Jangan menganggap suatu pekerjaan atau kegiatan tidak dapat kita sanggupi dan tidak cocok untuk kita, yang terpenting adalah selalu belajar, mencoba, berusaha dan tak lupa berdoa, bila memang tak sanggup, itu akan menjadi pengalaman dan dapat menjadi dasar dan pondasi untuk berusaha yang lebih baik ke depan…

11 thoughts on “‘WAKTU’

  1. goeve says:

    ngena banget…. soalnya lg ngalamin🙂

    jd inget surah al-ashr ^^

  2. aLe says:

    terma kasih petuah nya bu guru😀
    btw, thanks uda di link, ntar deh aLe link blk, skr msh mls login neh..

    saLam dr maLang

  3. manusiasuper says:

    Ga ngerti bu, sumpah dah…

    Fisika saya ‘5’ waktu kelas dua SMA…

  4. indra kh says:

    Jadi inget lagi jaman sekolahan😀

    Waktu adalah detik hidup. Kalau kata Iwan Abdurachman (Elly kenal gak ya sama penyanyi ini ? hehe) katanya seperti ini :

    Detik-detik berlalu dalam hidup ini
    Perlahan tapi pasti, menuju mati
    Kerap datang rasa takut, menyusup di hati
    Takut hidup ini terisi oleh sia-sia

    Pada hening dan sepi, aku bertanya
    Dengan apa ku isi, detikku ini,

    dst……..

  5. RS ngalam says:

    bener mba elly, sekarang lagi kerasa bener neh..TA molor terus, tergerus waktu…keknya perlu manejemen waktu yg lebih baik…

  6. toga says:

    Kalo mau sedikit “bermain-main” dengan tema yang berat ini, aku sarankan beli buku “Mimpi-mimpi Einstein”, tulisan Alan Lightman. Ato malah sudah punya?
    Salam kenal ya… mumpung masih ada waktu :))

  7. #### :
    “jadi sekarang kurangi bermain main ya anak2…” wakekeke

    toga :
    salam kenal ya…
    btw nanti bukunya ku cari, yang udah punya sih ‘how to think like Einstein’, ma ada lagi yang lain..makasih ya….

  8. passya says:

    anak2 KBS lagi demam Einstein ya😉 si afoe juga nulis ttg einstein….
    keep writing chica lista….🙂

  9. ka passya :
    “ga juga, kan cuma ade ma afu..”

  10. Zawa says:

    Haluuuuuuuuuuuuuuu… pak newton, 1+1 hasilnya brapa yak heehehehe…

  11. conanerz says:

    oUkey..
    makasih ya mBak ELLY..atas informasi einstein vs newtonnya..
    Jd, enaK..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: