perhitungan matematika si pejiwa bisnis dan dagang,, kalu ga punya jiwa itu??

Atas saran ka passya, begini :

Di daerah kalimantan masih banyak perkebunan kelapa sawit yang harganya sedang turun… kalu saja uang jajan plus tabungan di gunakan untuk membeli perkebunan itu, bilanglah beli 10 hektar (ga tau harganya berapa!!), katakanlah setiap hektar dan setiap bulan menghasilkan 10 ton kelapa sawit, dan katanya harga 1 kg kelapa sawit Rp 1.600. kali kan saja semuanya, dalam satu bulan:

(jadi inget pelajaran matematika di sd..hehe)

10 . 10 =100 ton

100 ton = 100.000 kg

Rp 1.600 . 100.000 = Rp 160.000.000

Lalu modal kembali minimal 50 %, jadinya Rp 80.000.000,

Mungkin ga sih..mungkin aje..!!

Lalu perhitungan seperti ini yang aku ceritakan ke papa dan supir (mobilnya d sewa) yang menjemput kita di bandara sepinggan Balikpapan saat perjalanan pulang ke samarinda, perjalanan selama 2 setengah jam.

Setelah perhitungan di atas ku sampaikan ku akhiri dengan kata…”bisa kaya banget donk!!”…eh papa ma temennya itu malah ketawa “hehehehehe..

Supir itu lalu melanjutkan…”tapi ga sesuai dengan realitas de, pengalaman saya 3 tahun yang lalu…adik saya menawarkan pekerjaan dengan perhitungan yang fantastis sekali melebihi dari ini dalam urusan kayu dan saya sangat tertarik… tapi berselang satu tahun saya berprofesi ini, kira2 dalam 11 tahun 2 mobil saya habis dan rumah saya di jual, wuaaahh nasib saya sial banget de……lain lagi kakak saya, dia penuh perhitungan seperti ini dalam bidang pakaian dan alhamdulillah dia berhasil hingga sekarang padahal tanya saja dia suruh menulis huruf ‘A’ seperti angka 5, dia tidak melanjutkan sekolah,tamatan sd. Kalau saya memang ga ada jiwa dagang dan bisnis seperti mereka..”

Papa juga ngelanjutin “ga semudah itu perhitungan seperti itu, pasti ada faktor ini itu..”

Yap aku yang mendengarnya udah mendapat pelajaran dari orang yang berpengalaman,,,hehe. Intinya harus punya jiwa bisnis dan dagang dulu baru melangkah….

14 thoughts on “perhitungan matematika si pejiwa bisnis dan dagang,, kalu ga punya jiwa itu??

  1. koecing says:

    Intinya harus punya jiwa bisnis dan dagang dulu baru melangkah….

    g’juga lho… seingetku yang pertama tuh harus punya modal dulu, trus punya mental. coba ikut seminar2 entrepreneur d.. bagus2 lho..

    btw salah satu resiko brusaha kan gagal. jadi klo buka usaha, harus siap buat gagal juga… jangan cuma siap buat kaya aja.. semua jg ada resikonya. klo udah gagal, ambil plajarannya ‘n trus maju. ini kata mentorku si..😀

  2. koecing..:
    iyaa emang bener, pendapat orang memang beda2, mungkin karna aku sama sekali ga niat dan ga ada pikiran berbisnis dan berdagang kali yak..!! tapi ya semangat terus ya…

  3. passya tanpa login says:

    *teriak*
    RALAT…RALAT….
    pas kk ngomong itu, harga TBS (tandan buah segar) masih Rp.800. sekarang Rp. 1.020 *ngelap iler dulu*

    produksi 1 hektar itu 1 ton per 2 minggu alias 2 ton sebulan alias 2jutarupiah alias 20 jeti klo punya kebon 10ha.

    biaya produksi sebenarnya 30% tapi anggap 50%. so, laba 10juta sebulan alias 120jt setahun.

    harga 1 ha klapa sawit siap panen (beli dari transmigran lah) 45jeti alias 450juta utk 10ha.

    return of investment 450jt/120jt = 3 koma 75 alias 3tahun 9bulan. *ngelap iler lagi*

    masih gak tertarik? kelewatan!!!

    oh iya…. umur produktif klapa sawit sampe puluhan tahun lho…kebayang kan, klo tiap tahun nambah kebon seluas 3 ha….. samarinda jadi hijau…..

    udah ah….

  4. Nayz says:

    perhitungan sperti itu saja memang tidak cukup , faktor-faktor lain juga bisa berpengaruh.hehe…. *kabur

  5. ka passya..:

    makanye klu ngomong ma ade jangan sambil mimpi dunn.
    gimana sie,,
    tapi perhitungannya benar ajah deghh..
    menggiurkan…!!!!
    hehe

  6. Manusia yang baek says:

    peerhitungan dia atas tuh,
    ngitung untungna aja….
    rugina juga perlu diitung kan….

    hehe…..
    Itu kalau menrutku…
    Tapi dari masalah di atas
    dapat disimpulkan….

    kalau mau ngitung kita mesti ati2….
    hmmm…….

  7. Amd says:

    Ruginya, biasanya kalau musim panen harga sawit juga jadi turun, …

    Sebenernya akan lebih menguntungkan lagi kalau bukan hanya bertanam sawit, tapi sekaligus bikin pabrik CPO-nya juga, dan menguasai jalur distribusinya, soalnya keuntungan jauh lebih beswaaar di dua sektor itu.

    *Mode Serakah & Kapitalis ON*

  8. passya says:

    @Amd
    kelapa sawit ada musimnya ya?😛
    setahu saya tuh tanaman berbuah sepanjang musim, dari musim hujan kemarau sampe musim mangga.

    @buat yg selalu itung rugi
    faktor penghambat yg paling dominan adalah ketika manusia udah gak suka makan berkolesterol😀
    selama masih doyan makan yg digoreng2 sih…klapa sawit tetap berjaya…

  9. Amd says:

    @ Passya
    Saya kan bilangnya musim PANEN Om… Bukan musim terkait iklim. Ini lho
    misalnya contohnya…

  10. passya says:

    @amd
    lho…setahu saya, buah kelapa sawit dipetik alias diPANEN setiap 2 minggu sekali (di daerah saya lho…), padahal waktu petik setiap kebon tidak sama. artinya, kapan dong musim GAK PANEN nya? btw, artikel terkait tidak membantu menjelaskan yg dimaksud dgn musim panen. anything else?

  11. waduhh jadi buat orang ributt,,
    udah udah..

  12. khuclukz says:

    waduh… gak mudeng

  13. Ah. aku ga bakat dagang dan ngitung

  14. […] godaan cinta. Hingga akhrnya semua terjadi. Eka tersenyum datar. Biarlah semuanya, toh tidak ada untung dan ruginya buatku Eka […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: